Maret 29, 2024

ALMUBARAK

MEDIA BERBAGI FAEDAH

Syarah Arba’in (26)

1 min read

HADITS KEDUA PULUH ENAM

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ، كُلُّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ: تَعْدِلُ بَيْنَ اْلإِثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِيْ دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ، وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِ خُطْوَةٍ تَمْشِيْهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ، وَتُمِيْطُ اْلأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ. رواه البخاري ومسلم.

Dari Abu Hurairah Radiyallahuanhu: Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: Seluruh sendi manusia setiap harinya bershadaqah. Setiap terbit matahari ia mendamaikan dua orang manusia adalah shadaqah, membantu orang lain dalam tunggangannya mengangkatkan keatasnya atau mengangkatkan barang miliknya adalah shadaqah, perkataan yang baik adalah shadaqah setiap langkah yang ia langkahkan menuju shalat adalah shadaqah, menyingkirkan gangguan dari jalan juga shadaqah (HR. Bukhari Muslim).

Syarah:
Sabdanya: (سلامى) dengan dhammah sin dan tidak mentasdid laam, artinya: persendian dan anggota tubuh, telah shahih dalam riwayat Muslim bahwa manusia mempunyai 360 sendi.
Qadhi Ayad berkata: “Asalnya tulang telapak tangan, jari dan kaki, kemudian dipakai untuk menyatakan tulang seluruh tubuh dan sendi-sendi lainnya.
Sebagian ulama berkata: Yang dimaksud shadaqah targhib watarhib, bukan kewajiban dan keharusan. Perkataannya: Mendamaikan dua orang manusia adalah shadaqah yakni mendamaikan keduanya dengan adil.
Dalam hadits lain riwayat Muslim: Setiap persendian dan anggota badan setiap harinya bershadaqah, setiap tasbih adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah, setiap tahlil adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah, amar maruf adalah shadaqah, nahi munkar adalah shadaqah. Mencukupi itu semua dua rakaat shalat dhuha mencukupi shadaqah anggota tubuh ini shalat dua rakaat, karena shalat adalah amalan seluruh badan, jika shalat maka setiap anggota tubuh telah melaksanakan tugasnya, Wallahu alam.
(Diterjemah oleh Abdurahman Mubarak Ata)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.